Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pemasangan Implant KB Tandai Harganas ke 29 di Tanah Bumbu

BATULICIN, dutakalimantan.net - Pemkab Tanah Bumbu memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29.

Peringatan ini ditandai dengan pelayanan pemasangan Implant KB wanita di Gedung Mahligai Bersujud, Selasa (5/7).

"Kegiatan implant menjadi rangkaian Hari Keluarga Nasional ke 29 tahun 2022," ungkap Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanah Bumbu, Hj Narni.

Hj Narni mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama pemerintah daerah dengan beberapa organisasi wanita yang ada di Tanah Bumbu untuk mencarikan akseptor (pemasang implant) yang ada di organisasinya.

“Alhamdulillah, akseptor yang dicari telah tercatat 80 lebih pemasang implant. Dan itu memang sesuai dengan target kita," ujarnya.

Diakui Hj Narni, dalam beberapa tahun ini pencapaian akseptor dinilai mengalami penurunan sedikit di saat Covid-19 sejak tahun 2020.

“Alhamdulillah sekarang sudah meningkat lagi, sehingga pelayanan satu juta akseptor secara nasional itu kita bisa mencapai 104 persen dari target yang telah ditetapkan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Hj Narni, juga menyebutkan bahwa alat kontrasepsi KB yang paling digunakan adalah Pil KB, meskipun sebenarnya pihak tidak menganjurkan.

“Dia menganjurkan alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) antara lain implant IUD atau spiral, metode operasi bagi pria atau MOP dan metode operasi wanita atau (MOW). Di antara 4 alat kontrasepsi yang paling diminati adalah implant,” pungkasnya. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar