Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Tanah Bumbu Keluarkan Surat Edaran Terkait Pelaksanaan Iduladha Tanpa Sampah Plastik

BATULICIN, dutakalimantan.net - Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menerbitkan surat edaran terkait pelaksanaan hari raya Iduladha tanpa sampah plastik.

Surat edaran bernomor: B/660.2/3347/DLH-PSLB3.1.Bup/VI/2022 tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK).

Dalam surat edaran tertanggal 29 Juni 2022 tersebut mengajak panitia penyelenggara perayaan hari raya Iduladha agar tidak meninggalkan sampah di lokasi yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan salat serta kegiatan lainnya.

Selain itu, panitia pelaksanaan kurban juga diimbau untuk menjaga dan mengendalikan kebersihan lingkungan di tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban.

Selanjutnya dalam hal pelaksanaan distribusi hasil pemotongan hewan kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban.

Wadah daging kurban disarankan menggunakan daun (seperti daun pisang/daun jati), wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

Warga masyarakat juga diminta untuk membawa wadah sendiri yang terbuat dari bahan ramah lingkungan saat mengambil hak atas daging kurban.

Panitia juga diimbau menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpilah di lokasi penyelenggaraan salat Iduladha dan pembagian daging kurban. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar