Breaking News

6/recent/ticker-posts

Atasi Stunting, Dinas P3AP2KB Tanah Bumbu Luncurkan DASHAT

BATULICIN, dutakalimantan.net - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Tanah Bumbu meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung KB Desa Maju Makmur, Kecamatan Batulicin, Selasa (14/6).

DASHAT ini adalah program yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan dilaksanakan di seluruh willayah Indonesia dengan menggandeng unit kerja terkait di daerah.

Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar melalui Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin, menyambut baik dan sangat mengapresiasi peluncuran DASHAT di desa itu.

Karena menurutnya, program DASHAT sangat strategis untuk mencegah dan mengatasi stunting melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting.

Keluarga berisiko stunting yakni keluarga yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu.

Program DASHAT itu sendiri merupakan tindaklanjut dari arahan Bapak Presiden Jokowi, terkait dengan percepatan pengentasan stunting dengan target harus berada di angka 14 persen pada tahun 2024.

“Waktu tinggal kurang lebih 2 tahun lagi, sehingga kita harus bekerja keras dan cepat dalam rangka mencegah stunting pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan sampai anak berumur 2 tahun dengan memberikan asupan gizi yang seimbang,” tuturnya.

Pemerintah daerah berharap dengan adanya program DASHAT ini, dapat terpenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kasus stunting di Kabupaten Tanah Bumbu,

"Tentunya kami juga berharap, Kampung KB Maju Makmur Batulicin bisa menjadi contoh bagi desa/Kelurahan lainnya dalam menjalankan program DASHAT ini," pungkasnya.

Kegiatan juga dihadiri Kepala Dinas P3AP2KB Tanah Bumbu, Camat Batulicin, kepala desa dan TP PKK desa se Kecamatan Batulicin. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar