Ticker

6/recent/ticker-posts

Zairullah : Mappanre Ri Tasi'e Tanpa Syirik

BATULICIN, dutakalimantan.net - Event budaya Mappanre Ri Tasi'e yang rutin digelar di Kabupaten Tanah Bumbu setiap bulan April atau bersamaan dengan Hari Jadi selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena diisi berbagai kegiatan termasuk acara keagamaan.

Kamis (19/5) malam, diselenggarakan Tabligh Akbar dengan menghadirkan KH Muhammad Zhofaruddin atau biasa disapa Guru Udin dari Samarinda bertempat di Panggung Utama Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar mengungkapkan kalau malam itu adalah malam yang sangat luar biasa.

“Berkumpulnya kita disini adalah bentuk kecintaan terhadap Allah SWT dan juga wujud kerinduan terhadap Nabi Muhammad SAW yang akan semakin meningkatkan keimanan kita,” ujarnya.

Bupati menjelasakan dengan Kabupaten Tanah Bumbu dengan mottonya Bersujud adalah simbol untuk terus berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satunya adalah dengan rutin melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan di setiap kesempatan, termasuk pada event Mappanre Ri Tasi'e

Ia juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Lembaga Ade Ogi Pagatan yang mengemas acara dengan baik.

Momentum budaya itu menjadi ajang untuk meningkatkan kebersamaan, kearifan lokal menjadi warisan nenek moyang yang tidak ditinggalkan namun sesuai dengan kaidah agama.

“Sesuai petunjuk para alim ulama kita menghilangkan asumsi. Namanya tidak lagi Mappanretasi atau memberi makan laut, namun menjadi Mappanre Ri Tasi'e atau makan bersama di laut. Tidak ada lagi nilai syirik dalam pelaksanaanya dan semoga menjadi berkah dan keselamatan bagi kita semua,” pungkasnya.

Turut berhadir dalam Tabligh Akbar itu Anggota DPRD, Sekretaris Daerah dan Kepala SKPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta para tamu undangan lainnya. Acara itu juga dipadati ribuan masyarakat untuk mendengarkan tausiah. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar