Breaking News

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pemkab Tanah Bumbu Godok Perda Irigasi

Rapat paripurna. Foto-Istimewa.
BATULICIN, dutakalimantan.net - Pemkab Tanah Bumbu menyampaikan Raperda tentang Penyelenggaraan Irigasi kepada pihak legislatif dalam rapat paripurna.

Raperda tersebut dinilai sangat strategis untuk mewujudkan kemanfaatan air yang menyeluruh, terpadu dan berwawasan lingkungan, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar, melalui Sekretaris Daerah, H Ambo Sakka, mengatakan akan pentingnya Raperda itu untuk dijadikan sebuah Perda.

"Perda irigasi ini sangat strategis. Terutama dalam menjaga, mendukung dan meningkatkan produktivitas usaha tani dalam rangka ketahanan pangan daerah dan kesejahteraan petani," ujarnya.

H Ambo Sakka menambahkan irigasi merupakan usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak.

Kemudian sistem irigasi meliputi prasarana irigasi, air irigasi, manajemen irigasi, kelembagaan pengelolaan irigasi, dan sumber daya manusia. 

Selanjutnya pengelolaan irigasi adalah segala usaha pendayagunaan air irigasi yang meliputi operasi dan pemeliharaan, pengamanan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi. (Red).



Posting Komentar

0 Komentar