Breaking News

6/recent/ticker-posts

DKUMP2 Tanah Bumbu Pantau Stok Minyak Goreng di Sejumlah Distributor

DKUMP2 Tanah Bumbu saat memantau
ketersediaan minyak goreng. [Foto-Istimewa]
BATULICIN, dutakalimantan.net - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu melalui Bidang Perdagangan dan Metrologi memantau sejumlah distributor minyak goreng di Bumi Bersujud.

Kepala DKUMP2 Tanah Bumbu, H Deny Harianto, mengatakan kondisi sekarang untuk stok minyak goreng masih ada. Namun, distribusi ke toko dan masyarakat masih dibatasi dalam jumlah tertentu agar semua masyarakat bisa terlayani.

"Hasil pantauan ke sejumlah distributor, stok minyak goreng masih tersedia. Sedangkan untuk distribusi ke toko dan masyarakat dibatasi jumlahnya agar semua kebagian," ujar H Deny.

Terkait adanya salah satu toko modern di Tanah Bumbu yang jadi perhatian di media sosial beberapa hari yang lalu karena menerapkan sistem pembelian batas minimal Rp. 50.000,- baru bisa membeli minyak goreng sebanyak 2 liter, strategi ini dilaksanakan oleh managemen toko modern tersebut untuk mengerem pembelian minyak goreng yang dilakukan oleh masyarakat berkali-kali dalam waktu yang relatif pendek.

Namun, karena banyaknya keluhan yang muncul, sehingga strategi sistem pembelian tersebut sudah tidak digunakan lagi oleh pihak manajemen toko modern.

"Sewaktu petugas DKUMP2 melakukan monitoring ke toko modern tersebut, sudah tidak ditemukan lagi sistem penjualan seperti yang viral di medsos,” kata H. Deny seraya menghimbau kepada masyarakat agar tidak panic buying terhadap minyak goreng, sehingga tidak menimbulkan keresahan di Tanah Bumbu.

Terkait minyak goreng ini, H Deny menerangkan berdasarkan Permendag Nomor 3 Tahun 2022 tentang Minyak Goreng 1 Harga yaitu Rp. 14.000/liter, dan Permendag Nomor 6 Tahun 2022 tentang harga minyak goreng masing masing kemasan, sehingga harga perkemasan berbeda beda sesuai kemasan, dengan harga yang jadi patokan adalah Rp.11.500,-/liter untuk minyak goreng curah. Rp. 13.500,-/liter untuk minyak goreng kemasan sederhana, dan Rp.14.000,-/liter untuk minyak goreng kemasan premium. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar