Ticker

6/recent/ticker-posts

Tera Timbangan, DKUMP2 Tanbu Validasi Data Pedagang Pasar 

BATULICIN, dutakalimantan.net – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan validasi data kepada para pedagang pasar yang memiliki timbangan.

Validasi data dilakukan kepada pemilik timbangan di Pasar Niaga Bersujud, Pasar Harian Kecamatan Simpang Empat, dan Pasar Sudan Raya Kecamatan Satui.

"Validasi data pemilik timbangan adalah dalam rangka meningkatkan perlindungan terhadap konsumen dari segi kebenaran dan keabsahan peralatan timbangan yang digunakan oleh para pedagang di Tanah Bumbu," ungkap Kepala DKUMP2 Tanah Bumbu, H Deny Haryanto, Sabtu (8/1).

H Deny mengatakan validasi data pemilik timbangan ini dilakukan untuk menjaga agar transaksi jual beli yang terjadi di pasar berlangsung tanpa merugikan kedua belah pihak yakni antara penjual dan pembeli.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan terhadap para pedagang yang memiliki timbangan," tuturnya.

Kemudian, kata H Deny, setelah semua data pedagang tervalidasi, maka tindakan selanjutnya melaksanakan tera atau tera ulang semua timbangan dan peralatannya, baik timbangan elektronik maupun manual.

"Akan kita tera atau tera ulang kalau semua validasi data pedagang pemilik timbangan rampung," pungkasnya. 

Para pedagang dan pembeli menyambut baik atas langkah pemerintah daerah yang akan melakukan tera atau tera ulang timbangan.

Bagi mereka itu sangat penting dilakukan, karena bukan saja menyangkut berat timbangan, tetapi juga mengarah kepada hukum agama.

"Bagus ditera atau tera ulang setiap timbangan agar pas. Dan antara pedagang dan pembeli jadi berkah transaksinya," pungkas mereka. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar