Breaking News

6/recent/ticker-posts

Tahun 2022, Dinas PMD Tanah Bumbu Targetkan 50 BUMDes Miliki Badan Hukum

BATULICIN, dutakalimantan.net - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu menargetkan semua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki badan hukum. 

Diketahui hingga saat ini hanya ada sekira 7 BUMDes yang memiliki badan hukum dari total 141 BUMDes yang aktif di Tanah Bumbu.

Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir, mengatakan pihaknya menargetkan BUMDes wajib untuk berbadan hukum agar bisa bermanfaat secara luas.

Ia menyebut melihat perkembangan BUMDes ini, semuanya diarahkan agar bisa maksimal dengan cara memiliki badan hukum. 

"Target pada tahun ini, sebanyak 50 desa yang berbadan hukum karena pendafraran secara nasional lewat online Kemenkumham. Dan kami baru tembus 7 BUMDes," ujarnya. 

Samsir menuturkan selama belum ada badan hukum, BUMDes akan sulit berkembang dan tidak bisa bekerja sama dengan pihak luar seperti perbankan dan kepihak perusahaan.

Samsir menambahkan BUMDes yang memiliki badan hukum akan banyak mendapatkan keuntungan dan lebih mudah dalam bekerja sama dengan pihak lainya.

"Banyak keuntungan bila sudah berbadan hukum, di antaranya pihak bank bisa bekerja sama, perusahaan bisa masuk di BUMDes dan memungkinkan adanya bantuan suntikan dana dari pemerintah pusat. Jadi, sangat banyak keuntungannya," pungkasnya. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar