Breaking News

6/recent/ticker-posts

Percepat Implementasi SRIKANDI, Pemkab Tanah Bumbu Kunjungi ANRI di Jakarta

BATULICIN, dutakalimantan.net – Pemkab Tanah Bumbu mempercepat implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan kunjungan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta, belum lama ini.

Kunjungan ke ANRI dipimpin langsung Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, yang diterima Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani dan Direktur Kearsipan Daerah 1, M Sumitro.

"Kunjungan ini sebagai salah satu komitmen untuk dapat segera meimplementasikan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu,” ujar H Ambo Sakka, Kamis (27/1).

Guna mendukung percepatan penerapan SRIKANDI live (arsip.go.id), pemerintah daerah telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung Srikandi dan telah menyiapkan SDM Pengelola Aplikasi Srikandi di seluruh SKPD pada tahun 2022.

Kemudian melakukan pelatihan Srikandi versi 1 secara daring yang telah difasilitasi oleh ANRI dan Srikandi Versi 2 yang dibimbing oleh Tim LKD dengan kemampuan belajar secara mandiri.

Lebih lanjut, kata Ambo Sakka, bahwa keinginan Pemkab Tanah Bumbu dapat segera meimplementasikan penerapan Srikandi tidak lain sebagai bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2018 tentang SPBE, guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Guna lebih memantapkan dan dengan komitmen yang kuat dalam rangka percepatan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi pada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka juga telah menyampaikan permintaan secara khusus kepada ANRI untuk bersedia menjadi Narasumber pada kegiatan Rakor sekaligus Sosialisasi dan Bimtek Srikandi secara tatap muka yang akan dilaksanakan pada bulan Februari dengan menghadirkan seluruh Pimpinan SKPD beserta pengelola aplikasi Srikandi masing-masing SKPD.

Sementara, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu, M Yusri, yang turut serta mendampingi Sekda pada kunjungan ke ANRI menambahkan bahwa penggunaan aplikasi Srikandi sebagai aplikasi umum pada instansi pemerintah dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan.

Hal ini dikarenakan setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa.

Sementara itu, Direktur Kearsipan Daerah 1, M Sumitro menyambut baik komitmen dan akan membantu sepenuhnya terhadap percepatan penerapan Srikandi di Pemkab Tanah Bumbu.

Dalam kunjungan ke ANRI tersebut, Sekda H. Ambo Sakka juga menyerahkan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021, audit terhadap 17 SKPD lingkup Pemkab Tanah Bumbu yang diterima langsung oleh Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar