Header Ads


Klik aja langsung fotonya untuk pemesanan hasil produk berbahan Aluminium dari Sejahtera Aluminium, dijamin produknya memuaskan.

Jual LPG 3 Kilo di Atas HET Pemkab Tanah Bumbu Akan Beri Sanksi

"Saya belinya di kios eceran saja, harganya Rp 32 ribu," ungkap seorang ibu rumah tangga di kawasan Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin Tanah Bumbu, ketika ditanya harga LPG 3 kilo.

Menurut ibu rumah tangga itu karena ia tak memiliki kartu, sehingga ia hanya bisa membeli LPG 3 kilo di kios eceran. Berbeda dari sejumlah ibu rumah tangga lainnya yang mengaku cuma membeli LPG 3 kilo seharga Rp 20 ribu di Pangkalan langsung.

Harga LPG 3 kilo yang dijual melambung di atas harga Rp 30 ribu di Tanah Bumbu; bukan rahasia lagi, bahkan bisa menyentuh harga hampir Rp 50 ribu jika keberadaannya langka.

Untuk itu pihak Pemkab Tanah Bumbu sedang menyusun Peraturan Bupati (Perbup) yang sebelumnya sudah dirapatkan dan dibahas. Pihak Pemkab sudah menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk LPG 3 kilo seharga Rp 30 ribu, dan dilarang menjual di atas HRT tersebut, serta mempersiapkan sanksi bagi para pelanggarnya hingga pencabutan ijin usaha.

"Kita masih menunggu Perbup itu ditandatangani oleh Bupati. Sanksi berlaku untuk Agen, Pangkalan dan pengecer," ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu, Deny Haryanto, SE, MM, Sabtu (25/09/21).

Perbup yang mengatur HET untuk LPG 3 kilo seharga Rp 30 ribu itu nantinya akan ditempelkan di setiap Agen, Pangkalan dan Pengecer disertai dengan Nomor Penngaduan untuk warga yang menemukan pelanggaran.

Melihat fakta di lapangan saat ini tak sedikit warga yang meragukan penetapan HET sebesar Rp 30 ribu itu bisa diterapkan jika Pemerintah tak dapat bertindak tegas. (Red)

Tidak ada komentar

Berikan komentar yang cerdas & konstruktif kalau tidak kami hapus.