Header Ads


Klik aja langsung fotonya untuk pemesanan hasil produk berbahan Aluminium dari Sejahtera Aluminium, dijamin produknya memuaskan.

Lekem Kalimantan Pertanyakan Keberangkatan Jurnalis ke Malang

Foto Istimewa; Aspihani Ideris, SH, MH


BANJARMASIN - Terkait kabar keberangkatan para jurnaliis yang bertugas diwilayah Tanah Laut (Tala) ke-Malang Jawa Timur menuai pertanyaan dari tokoh aktivis Kalsel.

Hal itu disampaikan Ditektur Eksekutif Lembaga Kerukunan Masyarakat (Lekem) Kalimantan, Aspihani Ideris kepada media ini Sabtu, (27/3/2021). Menurutnya, Patut dipertanyakan, dalam rangka apa dan menggunakan dana siapa?

"Jika mereka diberangkatkan menggunakan dana APBD, maka itu adalah sebuah penyalahgunaan wewenang dan bisa dikatagorekan dengan istilah korupsi, karena menggunakan dana APBD bukan pada penempatannya." Kata Aspi sapaan akrab sehari - harinya.

Aspi pun menukil Pasal 27 ayat (1) PP 12 Tahun 2019 merupakan bagian kesatuan yang terdiri atas: 1. Pendapatan Daerah; 2. Belanja Daerah; dan 3. Pembiayaan Daerah. Struktur APBD tersebut sudah jelas diatur baik Pengeluaran dan penggunaan keuangan dari APBD itu harus disetujui sekaligus dikontrol oleh DPRD setempat.

Menjadi pertanyaan juga, apakah keberangkatan para Jurnalis ke Jawa Timur tersebut sudah mendapatkan persetujuan DPRD setempat lewat paripurna? 

Selain itu pula,  penggunaaan dana APBD harus ditelisik akuntabilitasnya dan bisa dipertanggung jawabkan melalui audit BPK atau BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

Kalau toh keberangkatan tersebut tidak sesuai dengan koridur yang ada,  maka sama halnya mereka tersebut korupsi berjamaah sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (barlis)

Tidak ada komentar

Berikan komentar yang cerdas & konstruktif kalau tidak kami hapus.