Ticker

6/recent/ticker-posts

Ambo Sakka Pimpin Rakor Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten

BATULICIN, dutakalimantan.net - Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD setempat.

Ucapan itu atas kesempatan yang telah memberikan pihak eksekutif untuk menyampaikan Laporan Pertangggung Jawaban (LPJ) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

LPJ ini guna memenuhi kewajiban pihaknya selaku kepala daerah sebagaimana telah diamanatkan dalam pasal 320 ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Kami wajib menyampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD, yang memuat laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, yang dilampiri ikhtisar laporan keuangan BUMD," ungkap Bupati melalui Asisten I, Hj Mariani, Kamis (2/6).

Selain itu juga, ada catatan atas laporan keuangan yang telah diaudit oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, pada 31 januari - 05 Maret 2022 dengan hasil Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Saat ini merupakan WTP yang ke 9 kali berturut-turut untuk Kabupaten Tanah Bumbu," ucapnya.

Opini WTP ini, diperoleh dari hasil audit BPK, dikarenakan Kabupaten Tanah Bumbu dapat menyajikan atau menyampaikan laporan keuangan pemerintah daerah dengan tepat waktu, lengkap, wajar dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan yang ada.

"Kami sangat menyadari, sebenarnya Predikat Opini WTP bagi Kabupaten Tanah Bumbu adalah sebuah keharusan yang mesti diraih, namun dengan Predikat WTP ini pula, mampu menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu berbeda dari kabupaten-kabupaten lain yang tidak hanya di Kalimantan Selatan, akan tetapi di seluruh Indonesia," bebernya.

"Kiranya penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2021 yang telah kami presentasikan ini dapat dijadikan bahan untuk pembahasan selanjutnya," pungkasnya. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar