Ticker

6/recent/ticker-posts

Melalui Metrologi Legal, DKUMP2 Tanah Bumbu Akan Gali Potensi Pendapatan Daerah

BATULICIN, dutakalimantan.net - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penggalian potensi peningkatan pendapatan daerah melalui metrologi legal.

Hal itu disampaikan Kepala DKUMP2 Tanah Bumbu, H Deni Haryanto, di ruang kerjanya, belum lama tadi.

H Deni mengatakan dalam rangka menggali peluang peningkatan PAD tersebut, DKUMP2 melalui Bidang Perdagangan dan Kemetrologian terkhusus urusan Metrologi Legal telah melakukan validasi data kepemilikan UTTP (alat-alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengakapnnya).

Pada 19 Januari 2022 kemarin, kata H Deni, petugas yang menangani urusan metrologi legal melakukan validasi data pemilik timbangan.

"Sasaran data yang dicari adalah pedagang pengumpul karet dan sawit yang ada di desa," terangnya.

UTTP yang didata seperti timbangan (dacing) maupun timbangan jembatan yang selama ini jarang tersentuh pelaksanaan tera.

Selain alat timbangan, potensi PAD lainnya yang digali yaitu Tera Ukur Mobil (TUM) pada mobil tangki yang begitu banyak dimiliki oleh para pengusaha di Tanah Bumbu.

Demikian juga dengan Tangki Ukur Tetap Silinder Tegak ( TUTSIT) yang digunakan untuk tempat penampungan bahan cair.

"Untuk menindaklanjuti potensi peningkatan PAD tersebut, pihak DKUMP2 Tanah Bumbu akan ke Ditjen Metrologi untuk menindaklanjuti pembangunan Instalasi TUM tersebut, dengan mengusulkan pendanaan yang bersumber dari APBN," pungkas H Deni. (Red).

Posting Komentar

0 Komentar